Perhitungan Rasio PG/VG Menggunakan Premix Liquid Base

Perhitungan Rasio PG/VG Menggunakan Premix Liquid Base

DIY 101 2 Responses

Premix Base adalah campuran Propylene Glycol (PG), Vegetable Glycerin (VG), dengan atau tanpa nikotin di dalamnya.

Apabila kamu telah membaca artikel tentang cara menghitung rasio PG/VG pada DIY Liquid kamu yang telah kami buat sebelumnya, dan merasa sedikit malas untuk melakukan segala macam perhitungan yang dibutuhkan untuk membuat DIY Liquid, maka kamu dapat menggunakan Premix Base ini.

Menggunakan Premix Base, kamu hanya cukup menambahkan essence ke dalamnya, tanpa perlu dipusingkan oleh segala macam hitungan untuk membuat sebuah DIY Liquid.

Namun begitu, perlu kamu ketahui bahwa apabila misalnya kamu menggunakan Premix Base dengan rasio 30/70, dan kamu mencampurkan essence ke dalamnya, maka rasio akhir DIY Liquid kamu akan berubah. Maka dari itu, kami sarankan untuk mengenal lebih dalam tentang Premix Base terlebih dahulu, sebelum memilih Premix Base mana yang lebih cocok untuk kamu.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Propylene Glycol (PG) di dalam sebuah liquid dapat mengikat rasa dengan jauh lebih baik dibandingkan Vegetable Glycerin (VG). Maka dari itu, sebagian besar essence yang dijual oleh TFA, Capella, FA, FW, dan lainnya selalu menggunakan Propylene Glycol sebagai bahan dasar (flavor carrier) nya. Menganggap essence sebagai PG adalah cara yang umum dilakukan untuk menghitung rasio PG/VG akhir DIY Liquid kamu.

Dan juga seperti yang pernah kami bahas pada artikel sebelumnya, untuk menghindari kebingungan, selalu gunakan standar konvensi internasional, yaitu dengan menyebutkan kadar rasio PG terlebih dahulu sebelum VG. Rasio 40/60 berarti liquid tersebut mengandung 40% PG dan 60% VG.

Sebelum memilih Premix Base yang tepat untuk kamu, kita asumsikan bahwa penggunaan essence rata-rata di setiap liquid adalah sebesar 20%. Ini adalah angka yang banyak dijadikan patokan dasar untuk membuat DIY Liquid.

Apabila kamu menggunakan Premix Base dengan rasio 30/70, dan kamu menambahkan essence sebesar 20% ke dalamnya, maka…

  1. Total % PG di dalam liquid akhir kamu adalah:
    (Rasio PG Premix Base x (100% - Persentase Essence) + Persentase Essence
    (0.3 x (100 - 20)) + 20 = 44%
  2. Total % VG di dalam liquid akhir kamu adalah:
    Rasio VG Premix Base x (100% - Persentase Essence)
    0.7 x (100 - 20) = 56%

Mencampurkan Premix Base dengan rasio 30/70 dengan essence sebanyak 20% akan menghasilkan liquid dengan rasio 44/56.

Berikut adalah tabel untuk memberikan gambaran kepada kamu, berapa rasio PG/VG akhir pada DIY Liquid kamu, setelah mencampurkan essence sebanyak 20% di dalamnya.

Rasio Premix Base Rasio DIY Liquid Akhir
50/50 60/40
40/60 52/48
30/70 44/56
20/80 36/64
10/90 28/72
0/100 (VG + Nikotin) 20/80 (Max VG)

Kenali lidah kamu terlebih dahulu sebelum memilih menggunakan Premix Base yang tepat. Apabila kamu menyukai liquid dengan rasio 50/50 misalnya, kamu bisa menggunakan Premix Base dengan rasio 40/60.

Kalkulator untuk menghitung rasio PG/VG akhir dari DIY Liquid kamu, menggunakan Premix Base, dapat kamu unduh di link berikut:
Kalkulator Rasio Akhir PG/VG Menggunakan Premix Base